Senin, 18 Juni 2012

TEACHERS IN THE GROOVE: START EMPATHY, CREATING CHANGE AND CHANGEMAKERS.

Wohohoo.. Guru-guru itu hebat! Sepanjang Mei-Juni 2012, sekitar 50 guru-guru hebat berproses dalam workshop guru Sekolah Pembaharu Muda. Di workshop ini, guru-guru membangun visi perubahan terhadap anak didiknya. Hal yang paling amazing adalah bahwa guru-guru ini akhirnya memiliki fokus untuk mengembangkan anak didiknya sehingga bisa mengambil peran di masyarakat dalam membawa perubahan sosial.
Proses dimulai dengan bersama-sama memahami Empati dan belajar merancang proses mengasah empati pada anak didiknya. Kemudian guru-guru diajak juga untuk menggali kekuatan diri. Sesi ini merupakan sesi yang paling mengharukan! Seperti Aha! moment dari kebangkitan para guru ini. Ada tetes air mata dan semangat saling mendukung juga di sesi ini. Sungguh sangat mengharukan!  
Setelah guru-guru mengasah empatinya, memiliki visi perubahan dan yakin akan kekuatan diri untuk menjadi pembaharu, lalu bagaimana caranya membuat perubahan? Di sesi Desain, guru-guru merancang Desain Perubahan demi mewujudkan visi perubahan yang diimpikannya. Ide dan desainnya unik-unik! Ada Oemau Community, Rumah Inspirasi, berburu Sejarah, dan 47 inovasi unik lainnya. Ketika mendesain inovasi ini, guru-guru mensinergikan proses belajar di sekolah dengan proses kreatif membuat perubahan sosial. Alhasil, guru-guru bisa menemukan satu titik temu yang menjadi nilai inovasi dan menjadi satu hal baru nan menarik untuk proses belajar di sekolah. Proses belajar di sekolah menjadi lebih segar, manusiawi dan changemaking! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar