Senin, 27 Februari 2012

Sekolah Pembaharu Muda

Sepanjang tahun 2011, kru Young Changemakers Ashoka berkesempatan untuk berkolaborasi bersama 50 guru dari kurang lebih 60 sekolah se pulau Jawa dalam program Sekolah Pembaharu Muda.  Jejaring  guru  yang dibangun meliputi wilayah  Bandung, Bekasi (Ikatan Guru Indonesia), Yogyakarta (Sekolah dari jaringan Muhammadiyah) dan Jawa Timur (Surabaya, Gresik, Malang, Tulungagung, Jombang).

Apa sih Sekolah Pembaharu Muda (SPM) itu? Sederhananya SPM adalah inovasi proses pendidikan yang dikembangkan oleh guru dan sekolah, agar siswa mampu mengenal dan merasakan berbagai isu sosial di sekitarnya, lalu difasilitasi untuk mengembangkan gagasan sosial bagi masyarakat. 

Mengapa ada program SPM? Karena kami percaya Sekolah merupakan sistem strategis dalam memfasilitasi siswa untuk berkontribusi bagi masyarakat di sekitarnya, dimana terdapat guru dan sistem yang menjadi potensi untuk mendorong lebih banyak Pembaharu Muda di masyarakat.

Bagaimana program SPM berkembang? Kami mengidentifikasi dan mengundang rekan-rekan guru yang berminat untuk bergabung dalam gerakan SPM, lalu memberikan support peningkatan kapasitas melalui workshop, mendampingi para guru untuk mengimplementasikan inovasi proses belajar bersama siswa, mempertemukan tim siswa yang mengembangkan gagasan sosial dengan peer mentor, serta memberikan dukungan dan apresiasi kepada siswa yang berhasil menunjukkan dampak sosial positif bagi masyarakat. 

Karena kami membangun gerakan dan  sistem, kami melibatkan guru-guru yang berhasil melahirkan changemakers di sekolahnya, untuk menjangkau dan mendampingi sekolah lain, mengajak guru lain untuk mengembangkan proses inovasi pendidikan bagi siswa. 

Dari pilot project tahun 2011,  lebih dari 60 aplikasi Young Changemakers yang masuk lahir dari jejaring sekolah pembaharu, menunjukkan rata-rata 1 sekolah berhasil mendorong 1 siswa untuk membentuk satu tim dan mengembangkan gagasan sosial bagi masyarakat.  sebanyak 15 dari 22 Young Changemakers terpilih adalah siswa yang masih duduk di bangku SMU, 13 diantaranya terfasilitasi oleh guru pembaharu di jaringan SPM. 

Dari hasil tersebut kami optimis bahwa kedepan SPM akan terus berkembang, mendorong lebih banyak guru melahirkan beragam inovasi proses edukasi, melahirkan lebih banyak Young Changemakers, dan yang paling penting adalah menyambungkan sekolah dengan masyarakat sekitarnya. 

Apakah anda seorang guru yang ingin mengembangkan proses inovasi pembelajaran bagi siswa dan masyarakat? Apakah disekitar anda terdapat guru dan sekolah yang memiliki komitmen untuk mendorong siswanya aktif berkembang di masyarakat? Rekomendasikan guru dan sekolah tersebut ke email ycm@ashoka.or.id, ketik nama guru, kontak, email, profil singkat sekolah.


Informasi lebih jauh tentang Sekolah Pembaharu Muda dapat didownload disini.  

Beberapa kegiatan SPM:


SPM mendorong siswa untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat

SPM memfasilitasi guru untuk mengembangkan inovasi pembelajaran bagi siswa
SPM mengembangkan jejaring guru inovatif dan pencerah proses edukasi

Ria dan tim Jamban BSJ SMPN 11 Bandung, hasil binaan guru SPM SMPN 11 Bandung , Ibu Nia Kurniati 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar