Jumat, 30 Desember 2011

Kriteria Inisiatif Young Changemakers

THE IDEA
Gagasan pembaharu muda diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi komunitas dan secara nasional berpotensi menunjukkan bahwa kaum muda menjadi sumberdaya masyarakat. Gagasan diprakarsai, dikelola dan dipimpin oleh kaum muda dan dirancang untuk berkesinambungan secara kelembagaan dan finansial dengan penetapan tujuan jangka pendek dan jangka panjang yang jelas. Ashoka mendukung inisiatif yang berkesinambungan dan berpotensi memberi dampak sosial.

APPLIED EMPATHY
Empati adalah kemampuan seseorang untuk berbagi kepedulian terhadap orang lain. Ketrampilan berempati ditentukan oleh kemampuan memahami diri sendiri dan orang lain, berelasi dengan orang lain, mengambil keputusan, bernegosiasi, dan menangani konflik. Menerapkan empati sosial membutuhkan rasa percaya diri dan tolerasi, kemampuan mengambil tindakan dan membawa perubahan, dan memiliki kebebasan memutuskan

LEADERSHIP
Dunia membutuhkan pemimpin-pemimpin muda yang menggunakan kemampuan kepemimpinannya untuk membawa perubahan di masyarakat. Seorang pemimpin memiliki inisiatif yang tinggi, motivasi, ambisi dan energi, kegigihan dan dorongan kuat untuk berhasil. Memimpin atas keinginan untuk memimpin dan tidak haus akan kekuasaan, jujur dan beretika, memiliki rasa percaya diri, berpola pikir kritis dan realistik, menggunakan intuisi dalam pengambilan keputusannya, mempunyai pengetahuan tentang inisiatif yang dilakukan.

TEAM WORK
Selain menjadi pemimpin, seorang Pembaharu Muda diharapkan dapat menjadi seorang teamplayer yang bersama anggota kelompoknya dapat mewujudkan tujuan bersama yang ingin dicapai. Teamwork merupakan aksi dari seluruh anggota kelompok yang mengkontribusikan ketrampilan, mengekspresikan ketertarikan dan pendapat masing-masing demi mencapai tujuan bersama. Supaya kerja team berhasil setiap anggota harus menjadi teamplayer -mereka yang menomor-duakan ambisi pribadi dan bekerja dalam koordinasi dengan anggota kelompok lainnya untuk mencapai tujuan kelompok. Pertumbuhan dinamika kelompok  akan melampaui 4 fase forming-storming-norming-performing yang akan berjalan seiringan dengan perkembangan model venture sosial mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar