Sabtu, 24 Desember 2011

Aghnie : Memulai Perubahan Sejak Dini

 
 
 
Aghnie Hasya Rif adalah salah satu bukti bahwa anak muda mampu mengasah empati dan membangun perubahan sosial pada masyarakat sejak dini.  Sejak kelas 3 SMP, Aghnie telah mengembangkan Garage Sale for Education, untuk membantu teman-teman di sekolahnya agar dapat mengakases buku pelajaran. 

Tidak merasa puas dengan anugerah Young Changemakers Award 2010 yang disandangnya, Aghnie pun melahirkan inovasi sosial baru dengan membuat sekolah ibu, yaitu pemberdayaan ibu-ibu siswa sekolah dasar Pardomuan (sekolah adik Aghnie) untuk belajar membuat beragam barang kerajinan tangan handmade dan memasarkan hasil kerajinan tersebut kepada masyarakat. Hasil dari pemasaran kemudian dibuat tabungan pendidikan untuk membantu meringankan ibu-ibu tersebut membiayai sekolah anaknya. 

Sambil terus mengembangkan Garage Sale, Sekolah Ibu, Aghnie mulai tertarik untuk menjadi praktisi edukasi dengan membentuk Sekolah PAUD gratis bagi anak-ibu disekitar rumahnya. Dengan biaya seribu rupiah per pertemuan (seminggu 1-2x) , ibu-ibu dapat mengantarkan anaknya untuk mengakses edukasi anak usia dini bersama relawan edukasi yang Aghnie organisir.  

Sejauh yang saya tau, saat ini Aghnie masih terus mengasah passionnya di bidang seni dengan banyak melahirkan karya gambar, membuat Cosplay serta turut memberi pengajaran gratis menggambar kepada beberapa anak disekitar rumahnya.  Kesemua ini dia bangun dan capai dalam kurun waktu dua tahun sejak kelas 3 SMP hingga kelas 1 SMU (saat ini).  

Ada hal yang menarik sekaligus membuat ibunda Aghnie gundah, pada usia kelas 1 SMU Aghnie mulai berpikir untuk berhenti sekolah (memilih home schooling), agar dapat mengasah passionnya lebih dalam dan mengembangkan kegiatan sosialnya pada masyarakat. Baginya sekolah cukup mengekang kreatifitas dan waktu untuk berkarya. 

Itulah salah satu Aghnie lain yang saya kenal : Aghnie Hasya Rif, dengan berada pada lingkungan yang apresiatif dan terus mendukungnya saya yakin untuk beberapa tahun kedepan Aghnie Hasya Rif akan menjadi seorang CHANGEMAKERS dengan dampak perubahan yang luar biasa! 
 
 
Diposting oleh : Agni Yoga Airlangga - Kru YCM Ashoka Indonesia 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar